Ini Dia Fakta dan Mitos Tentang AC Rumah yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Indonesia yang memiliki iklim tropis suhunya rata-rata berkisar antara 25-35 derajat celsius. Suhu yang demikian  tentu membuat sebagian besar masyarakatnya yang tinggal di perkotaan harus menggunakan ac (air conditioner) yang fungsinya untuk menyejukkan ruangannya supaya nyaman dalam beraktivitas atau bersantai di rumah.

Namun, dari sebagian yang memiliki ac ini ternyata juga belum banyak yang tahu mengenai fakta dan mitos dari perangkat elektronik tersebut. Buat anda yang ingin memiliki ac dan memasangnya, maka bisa disimak fakta dan mitos mengenai barang elektronik yang satu ini.

Banyak mitos yang berkembang dan dipercaya para pengguna ac low watt http://www.gree.id/product-details/DeluxeLowWatt. Agar anda tidak terjerumus, maka perlu diketahui apa saja fakta dan mitos dari ac tersebut.

  1. Mitos pertama mengenai penggunaan ac adalah untuk mematikan ac ketika keluar ruangan meski hanya sebentar. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghemat listrik. Namun, faktanya apa yang dilakukan itu adalah kesalahan besar. Tidak hanya beresiko merusakkan mesin ac, apa yang dilakukan itu justru membuat listrik menjadi boros konsumsinya. Karena pada saat itu, ketika ac baru pertama kali dinyalakan memerlukan daya listrik yang besar sekitar 300-1000 watt tergantung dari daya ac tersebut.
  2. Menggunakan mode auto mengakibatkan listrik menjadi boros. Hal tersebut tentunya hanyalah mitos. Faktanya, ketika menyalakan mode auto maka ac akan mengatur suhu ruangan. Bila telah mencapai suhu ruangan yang diinginkan secara otomatis kompresor akan berhenti bekerja dan terus berulang untuk mengatur suhu.
  3. Menambah kipas angin menjadikan listrik boros. Hal ini pun juga mitos. Faktanya bila anda menambah kipas di ruangan ber ac justru menjadikan listrik hemat. Alasannya, ketika ac diatur secara auto kemudian dibantu dengan kipas tentunya suhu ruangan akan menjadi cepat dingin seperti yang diinginkan. Secara otomatis pula pengaturan tersebut akan masuk ke modesave energy sehingga bisa menghemat konsumsi listriknya.

Begitulah beberapa fakta dan mitos mengenai ac yang terbaik yang bisa diketahui. Dengan mengetahui mitos dan faktanya, maka para pengguna ac bisa menggunakan ac dengan bijak dan sesuai keinginan para penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *